MAHARANI, ZAHRA’YASMIN DINDA ZAHRA’YASMIN DINDA (2024) MANAGEMEN PENGEMBANGAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI MI MA`RIF BULUREJO DAN SD ISLAM ALFIRDAUS. S2 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Thesis)
22.0406.0005_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (498kB) |
![]() |
PDF (Thesis)
22.0406.0005_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
![]() |
PDF (Thesis)
22.0406.0005_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
![]() |
PDF (Thesis)
22.0406.0005_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Thesis)
22.0406.0005_COVER_PERNYATAAN REPOSITORI.pdf - Published Version Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana manajemen pengembangan kearifan lokal dalam meningkatkan karakter siswa di sekolah unggulan Kecamatan Mertoyudan. Hasil manajemen pengembangan kearifan lokal dalam meningkatkan karakter siswa di MI Ma`arif Bulurejo dan SD Islam AlFirdaus terbukti mampu meningkatkan karakter dan spiritual yang baik di ke dua sekolah tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian berdasarkan key informan dan subjek penelitian merupakan problem posing problem, dan penelitian ini menggunakan tiga metode penelitian yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data terdiri dari wawancara, lembar telaah dokumen, dan lembar observasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Analisis data bersifat induktif, dan penelitian kualitatif lebih menekankan pentingnya daripada generalisasi. Penelitian ini berfokus pada pengumpulan data untuk menjelaskan keadaan yang sebenarnya.
Temuan menunjukkan bahwa: 1.) Pihak kepala sekolah dan jajaran guru tetap melestarikan kearifan lokal yang sudah berjalan lama hingga saat ini. Seperti yang ditemukan di MI Ma`arif Bulurejo yaitu kearifan lokal berwujud nyata (tangible) seperti Suronan, Nyadran (Ruwahan), Jum’at birrul walidain, dan juga beberapa kearifan lokal berwujud tidak nyata atau melalui petuah secara lisan. Kemudian di SD Islam AlFirdaus lebih menekankan kearifan lokal berwujud tidak nyata (intangible) seperti asaku menembus langit, tari tradisional, pengenalan rempah-rempah dan makanan tradisional, dan sima’an Al-Qur’an. 2) Kepala Sekolah, guru, dan juga orang tua mempunyai peran yang sangat besar dalam meningkatkan karakter peserta didik melalui kearian lokal yang dijalankan secara rutin atau menindaklanjuti pembiasaan baik di luar lingkungan sekolah. Sehingga dapat meningkatkan karakter peserta didik dengan hasil yang optimal. 3) Kearifan lokal atau kegiatan rutinan yang ada di MI Ma`arif Bulurejo dan juga SD Islam AlFirdaus meningkatkan karakter pada siswa secara signifikan, seperti memiliki karakter spiritual yang baik, disiplin, rasa ingin tahu yang tinggi, bergotong royong, bersosial yang baik, tawadhuu’, dan lain sebagainya.
Item Type: | Karya Ilmiah (S2) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, M.A. dan Dr. Nurodin Usman, Lc. M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pengembangan kearifan lokal, karakter siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 06:48 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:48 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |