Susila, Agus (2024) ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PENDIDIKAN PADA MI AL ISLAM TONOBOYO KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG. S2 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Thesis)
20.0406.0003_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (691kB) |
![]() |
PDF (Thesis)
20.0406.0003_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
![]() |
PDF (Thesis)
20.0406.0003_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Thesis)
20.0406.0003_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
PDF (Thesis)
20.0406.0003_COVER_REPOSITORY.pdf - Published Version Download (504kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui program yang berjalan pada pelayanan pendidikan; (2) Tingkat kepuasan pelayanan pendidikan yang selama ini telah diberikan; (3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan pengambat dalam memberikan pelayanan pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan survei. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Islam Tonoboyo yang masih berada di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Sumber data penelitian ini adalah orang tua siswa yang memiliki dua variabel yang meliputi X adalah tingkat kenyataan layanan pendidikan, sedangkan Y adalah adalah tingkat kepentingan atau harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, Observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model IPA (Importance Performance Analysis) yang merupakan salah satu analisis yang digunakan untuk melakukan uji beda kesenjangan atau gap antara harapan dan kenyataan.
Hasil dari penelitian ini didapatkan perhitungan data antara kinerja atau kenyataan pelayanan (X) dengan harapan dari wali murid atau pelanggan (Y) MI Al Islam Tonoboyo adalah untuk nilai kinerja atau kenyataan sebesar 4,36 (Sangat Memuaskan) dan nilai harapan sebesar 4,58 (Sangat Penting). Dengan hasil yang seperti ini maka untuk tingkat kinerja atau kenyataan yang sangat memuaskan maka madrasah harus dapat menjaga setiap pelayanan yang sudah baik dan meningkatkan aspek maupun faktor – faktor yang masih kurang dan serta mengoptimalkan harapan yang ada pada pelanggan
Item Type: | Karya Ilmiah (S2) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, MA dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pelayanan, IPA, Kenyataan, Harapan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 06:30 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:30 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |