Kurniawati, Erwin (2017) PENIGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0110 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0110 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0110 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0110 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
pecahan sederhana melalaui media kartu pecahan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Uji validitas
dalam penelitian ini menggunakan Profesional Judgement didukung dengan
triangulasi. Sampel yang diambil sebanyak 24 orang siswa terdiri dari 13
siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan Tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan
ketuntasan individu dan ketuntatasan klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu pecahan meningkatkan
hasil belajar pecahan sederhana pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar . Hal ini
dibuktikan dari hasil tes pecahan sederhana. Terdapat perbedaan skor rata-rata
hasil analisis tingkat keberhasilan dari siklus I, II, III yang mengalami peningkatan
menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 29% dan 54% pada
siklus II, sedangkan pada siklus III mencapai 95,8%. Dengan demikian terbukti
bahwa media kartu pecahan meningkatkan hasil belajar pecahan sederhana pada
siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Kalinegoro I Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si(0007096412) dan Septiyati Purwandari, M.Pd,(0601098303)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Pecahan, Hasil Belajar, Konsep Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:53
Last Modified: 23 Jan 2025 07:22
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item