Mayasari, Titin (2017) PENGARUH MODELING THE WAY DENGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 2 SOBOREJO. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0107 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0107 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0107 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0107 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Modeling The Way
dengan media Flashcard terhadap kemampuan menulis permulaan di Sekolah
Dasar Negeri 2 Soborejo. Modeling The Way diajarkan kepada siswa dengan
menggunakan media yaitu media Flashcard.
Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan One Group Pretest
Posttest Design dengan menggunakan satu sampel kelas yang digunakan untuk
penelitian. Subjek penelitian yang diambil dalam penelitian adalah sebanyak 17
dari keseluruhan siswa kelas 2 yang mempunyai kemampuan menulis yang masih
berubah-ubah dan masih rendah. Variabel yang diteliti yaitu variabel terikat
berupa peningkatan kemampuan menulis permulaan, serta variabel bebas berupa
penerapan Modeling The Way dengan Media Flashcard. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah tes berupa soal uraian singkat dan observasi.
Kesimpulan hasil penelitian adalah Modeling The Way dengan media
Flashcard berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis permulaan siswa
kelas II di SD Negeri 2 Soborejo tahun pelajaran 2015/2016. Hasil yang diperoleh
dengan menerapkan Modeling The Way dengan media Flashcard terhadap siswa
setelah diberikan tindakan adalah meningkatnya kemampuan menulis permulaan
pada siswa kelas 2. Hasil penelitian menunjukkan nilai sesudah lebih besar dari
nilai sebelum diberikan treatment. Mean Rank

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M. Pd.Kons,(0008015701) dan Ari Suryawan, M. Pd (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Modeling The Way, Flashcard, Menulis Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:52
Last Modified: 30 Jan 2025 01:31
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item