Alfatchushodiqin, Alfatchushodiqin (2024) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MASUK MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KABUPATEN MAGELANG (Studi Komparasi MA API Al Huda Mertoyudan Dan MA YAJRI Payaman). S2 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
20.0406.0026_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
20.0406.0026_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
20.0406.0026_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
20.0406.0026_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
20.0406.0026_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Alfatchu Shodiqin.pdf - Published Version

Download (808kB)

Abstract

Pengaruh globalisasi pendidikan berdampak serius pada persaingan dunia pendidikan dalam memproduksi kualitas sumber daya manusia yang handal dan kompetitif. Lembaga pendidikan semestinya mampu menjaga kualitas dan terus berinovasi agar tidak ditinggalkan masyarakat sebagai konsumen pendidikan. Sehingga lahirlah paradigma pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat masuk Madrasah Aliyah di kabupaten Magelang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) perencanaan pemasaran pendidikan di MA API Al Huda Mertoyudan dan MA Yajri Payaman, 2) untuk mengetahui pelaksanaan pemasaran pendidikan di MA API Al Huda Mertoyudan dan MA Yajri Payaman, 3) untuk mengetahui evaluasi pemasaran pendidikan di MA API Al Huda Mertoyudan dan MA Yajri Payaman. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan cara analisis deskriptif. Selanjutnya, data diambil dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan peserta didik MA API Al Huda Mertoyudan dan MA Yajri Payaman. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu manajemen pemasaran pendidikan perlu di laksanakan dengan manajemen yang baik, baik itu perencanaannya, pelaksanaannya, serta evaluasi pemasarannya. Perencanaan di madrasah tersebut dilakukan dengan cara mengadakan rapat dengan bidang terkait untuk program yang akan dilaksanakan kedepan, merancang waktu, tempat, dan target. Lalu pelaksanaan pemasaran pendidikan dilakukan dengan cara sistem promosi, membagi brosur, dan melakukan sosialisasi tehadap sekolah-sekolah yang menjadi target. Pada tahap evaluasi dilakukan dengan cara pengontrolan setiap semester atau 1 tahun 2 kali.Pengaruh globalisasi pendidikan berdampak serius pada persaingan dunia pendidikan dalam memproduksi kualitas sumber daya manusia yang handal dan kompetitif. Lembaga pendidikan semestinya mampu menjaga kualitas dan terus berinovasi agar tidak ditinggalkan masyarakat sebagai konsumen pendidikan. Sehingga lahirlah paradigma pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat masuk Madrasah Aliyah di kabupaten Magelang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) perencanaan pemasaran pendidikan di MA API Al Huda Mertoyudan dan MA Yajri Payaman, 2) untuk mengetahui pelaksanaan pemasaran pendidikan di MA API Al Huda Mertoyudan dan MA Yajri Payaman, 3) untuk mengetahui evaluasi pemasaran pendidikan di MA API Al Huda Mertoyudan dan MA Yajri Payaman. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan cara analisis deskriptif. Selanjutnya, data diambil dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan peserta didik MA API Al Huda Mertoyudan dan MA Yajri Payaman. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu manajemen pemasaran pendidikan perlu di laksanakan dengan manajemen yang baik, baik itu perencanaannya, pelaksanaannya, serta evaluasi pemasarannya. Perencanaan di madrasah tersebut dilakukan dengan cara mengadakan rapat dengan bidang terkait untuk program yang akan dilaksanakan kedepan, merancang waktu, tempat, dan target. Lalu pelaksanaan pemasaran pendidikan dilakukan dengan cara sistem promosi, membagi brosur, dan melakukan sosialisasi tehadap sekolah-sekolah yang menjadi target. Pada tahap evaluasi dilakukan dengan cara pengontrolan setiap semester atau 1 tahun 2 kali.

Item Type: Karya Ilmiah (S2)
Pembimbing: Dr. Nurodin Usman, Lc.,MA dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemasaran Pendidikan, Madrasah Aliyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Jan 2025 06:41
Last Modified: 16 Jan 2025 06:41
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4446

Actions (login required)

View Item View Item