Anggraeni, Nur (2024) PENINGKATAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN VEGETABLE SCRIBBLE (Penelitian Pada Anak Kelompok B di RA Masyithoh 1 Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (471kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_LAMPIRAN - Arinda Zahra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Arinda Zahra.pdf - Published Version

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaksaraan anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain vegetable scribble di RA Masyithoh 1 Kota Magelang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdapat empat tahap setiap pertemuannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi. Kegiatan bermain dalam penelitian ini menggunakan sayur-sayuran berupa menebak huruf vokal, menyusun kata, membedakan bentuk huruf, melengkapi kata, menghubungkan gambar, tebak gambar. Di setiap awal atau akhir permainan anak menulis/menyusun huruf di atas media yang telah disediakan menggunakan sayuran yang telah dicelupkan ke dalam pewarna makanan.
Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa kegiatan bermain vegetable scribble dapat meningkatkan keaksaraan anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata persentase pada pra siklus hingga siklus II. Rata-rata persentase pada pra siklus adalah 51,03% kemudian meningkat menjadi 61,45% setelah dilakukan tindakan siklus I, namun belum mencapai indikator keberhasilan. Oleh karena itu, dilakukan tindakan selanjutnya pada siklus II dengan permainan yang diinovasi berdasarkan refleksi dari siklus I. Rata-rata persentase meningkat menjadi 76,03% setelah dilakukan siklus II dan telah mencapai indikator keberhasilan. Peningkatan rata-rata persentase dari pra siklus hingga siklus II sebanyak 24,73%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd dan Putri Meinita Triana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: keaksaraan, anak usia dini, vegetable scribble
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Jan 2025 06:46
Last Modified: 16 Jan 2025 06:46
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4444

Actions (login required)

View Item View Item