Safitri, Lina (2024) HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA DINI ( Penelitian pada Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Mertoyudan Tahun 2024) ALAMAN JUDUL. S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version Download (471kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_LAMPIRAN - Arinda Zahra.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Arinda Zahra.pdf - Published Version Download (407kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pembeljaran eksperimen dan kompetensi professional guru terhadap pembelajaran sains pada anak usia dini.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif (korelatif) dengan model regresi. Subjek penelitian dipilih secara random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30 responden terdiri dari guru di Kecamatan Mertoyudan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket. Uji validitas instrumen angket metode pembelajaran ekperimen dengan menggunakan rumus produck moment sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 24,00. Uji prasyarat analisis terdiri uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji regresi dengan bantuan program SPSS for windows versi 24,00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran ekperimen dan kompetensi professional guru berkorelasi dengan pembelajaran sains pada anak usia dini. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji regresi linier yaitu besarnya hubungan (R) yaitu 0,621 dan diperoleh koefisien determinasi (R^2) sebesar 0, 386. Hal tersebut mengandung pengertian bahwa hubungan metode pembelajaran ekperimen dan kompetensi professional guru terhadap pembelajaran sains 68,6 %. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran eksperimen dan kompetensi professional guru berpengaruh terhadap pembelajaran sains pada anak usia dini.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd dan Putri Meinita Triana, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Eksperimen, Kompetensi Professional Guru,Pembelajaran sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:33 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |