Febiyanti, Nurhidayah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN BILANGAN PEMECAH MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDIT Al Muhajirin). S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (471kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_LAMPIRAN - Arinda Zahra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Arinda Zahra.pdf - Published Version

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Papan Bilangan Pemecah Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDIT Al-Muhajirin, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan tipe nonequivalen control group design. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen yaitu kelas IV B berjumlah 25 siswa, dan kelas kontrol yaitu kelas IV A berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik pretest, postest, observasi guru dan siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri atas uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan uji homogenitas. Sedangkan hipotesis menggunakan uji nonparametric Mann-Whitney.
Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan hasil nilai Asymp. sig 0,000 ≤ 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan bilangan pemecah masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas IV SD IT Al-Muhajirin

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd dan Putri Meinita Triana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Media Papan Bilangan, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Jan 2025 04:20
Last Modified: 16 Jan 2025 04:20
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4440

Actions (login required)

View Item View Item