Sugiarti, Nanik (2024) ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN PROSES PEMBELAJARAN DARING DI KELURAHAN KRAMAT SELATAN HALAMAN JUDUL. S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (471kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_LAMPIRAN - Arinda Zahra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Arinda Zahra.pdf - Published Version

Download (407kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala sekolah terhadap kebijakan proses pembelajaran daring di kelurahan Kramat Selatan.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kramat 1, SD Negeri Kramat 4, dan SD Negeri Kramat 5. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah dengan teknik triangulasi melalui wawancara, observasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kramat Selatan Kota Magelang berperan sebagai fasilitator dan motifator kepada para guru dan murid. Dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan pembelajaran daring dengan membuat jadwal ketika orang tua siswa menghendaki konsultasi dengan guru. Dalam pembelajaran daring, guru dituntut memiliki kompetensi dengan membuat video pembelajaran sendiri. Kepala sekolah di SD Negeri Kramat Selatan selalu memperhatikan jika ada kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran daring kepala sekolah melakukan musyawarah dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat. Guru dalam menyusun materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan penguasaan materi yang dikuasai guru. Kepala sekolah melaluikan evaluasi program pembelajaran daring di sekolah dilakukan melalui koordinasi dengan guru kelas dan gu ru mata pelajaran tentang hasil capaian belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Aji Bintang Pradana,M.Pd dan Tria Mardiana,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran kepala sekolah, pembelajaran daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:52
Last Modified: 16 Jan 2025 03:52
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item View Item