Yunita Sari, Irma (2024) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN KOMIK ETNO LIMA (ETNOPEDAGOGI LITERASI MAGELANG) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV (Penelitian pada siswa kelas IV SD Rejowinangun Utara 6). S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (471kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_LAMPIRAN - Arinda Zahra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Arinda Zahra.pdf - Published Version

Download (407kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan komik Literasi Etnopedagogi Magelang (Etno Lima) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Rejowinangun Utara 6 Kota Magelang.
Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 17 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu sampling jenuh. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari tes dan observasi. Pertama yaitu pretest untuk mengetahui kemampuan awal dan posttest untuk mengetahui hasil akhir. Instrumen kedua yaitu observasi kegiatan guru. Analisis yang dilakukan yaitu dengan Paired Sampel t-test dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows.
Berdasarkan pada temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV dengan menggunakan bantuan komik. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji Paired Sample t-test menunjukkan Sig. (2 – tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis setiap indikator pada kelas eksperimen memiliki nilai yang sesuai. Bahkan hasil pretest mengamali kenaikan pada posttest, secara spesifik yaitu pada indikator pertama meningkat dari 40,27% menjadi 75%, indikator kedua meningkat dari 33,33% menjadi 56,25%, indikator ketiga meningkat dari 39,13% menjadi 52,08% dan pada indikator keempat meningkat dari 30,20% menjadi 53,13%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Putri Meinita Triana, M.Pd dan Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Jan 2025 06:52
Last Modified: 16 Jan 2025 06:52
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item