Sari, Hernita (2024) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 PARAKAN KAUMAN. S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (471kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_LAMPIRAN - Arinda Zahra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Arinda Zahra.pdf - Published Version

Download (407kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh (1) keterlibatan orang tua terhadap perilaku disiplin siswa kelas IV SD Negeri 6 Parakan Kauman dan pengaruh (2) keterlibatan teman sebaya terhadap disiplin belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Parakan Kauman, dan juga bagaimana keduannya secara bersama-sama mempengaruhi disiplin belajar siswa di SD Negeri 6 Parakan Kauman.
Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel para siswa SD Negeri 6 Parakan Kauman kelas IV dan orang tua siswa sebanyak 90 orang. Data yang dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji sign- test dan kendall’s tau .
Hasil penelitian keterlibatan orang tua menunjukan bahwa nilai, diperoleh angka exact sig (2- sided) 0,454 > 0,05 artinya pernyataan bahwa keterlibatan orang tua berpengaruh terhadap disiplin belajar dapat dibenarkan. Sedangkan hasil keterlibatan teman sebaya diperoleh angka exact sig (2-sided) 0,824> 0,05, artinya pernyataan bahwa keterlibatan teman sebaya berpengaruh terhadap disiplin belajar dapat dibenarkan dan dengan uji kendalls’ tau secara bersama-sama keterlibatan orang tua dan keterlibatan teman sebaya mempengaruhi disiplin belajar nilai signifikan keterlibatan teman sebaya 0,000 < 0,01 dan nilai signifikansi keterlibatan orang tua 0,000 < 0,01 yang berarti nilai menunjukan bahwa kedua variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dan keterlibatan teman sebaya terhadap disiplin belajar . Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi variabel keterlibatan orang tua dan keterlibatan teman sebaya Diketahui nilai koefisien korelasi variabel keterlibatan orang tua bernilai positif yakni sebesar 0,946 dan nilai koefisien korleasi keterlibatan teman sebaya 0,962.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd dan Putri Meinita Triana,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Keterlibatan Orangtua, Keterlibata Teman Sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Jan 2025 04:25
Last Modified: 16 Jan 2025 04:25
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4437

Actions (login required)

View Item View Item