Zahra Arinda Ramadhanti, Afifah (2024) PENGARUH PENDEKATAN SAINS, TECHNOLOGY, ENGENEERING, ART, AND MATHEMATICS (STEAM)TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V (Penelitian di MI TARBIYATUSSIBYAN 1 SIDOSARI). S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (471kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_LAMPIRAN - Arinda Zahra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Arinda Zahra.pdf - Published Version

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan sains, technology, engeneering, art, and mathematics (steam)terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V penelitian di MI Tarbiyatussibyan 1 Sidosari.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design, dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes terbentuk soal uraian. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam dalam materi zat tunggal dan campuran sebelum dan sesudah treatment. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample T-Test dengan program IBM SPSS statistic versi 26.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kemampuan berpikir kritis siswa terdapat pengaruh. Kemudian, pada hasil analisis uji Paired Sample T-Test diketahui nilai Sig.(2-tailed) pada data pretest dan posttest adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau 0,000<0,05, maka hipotesis diterima. Sebagai akibatnya dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis menggunakan pendekatan STEAM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Bintang Aji Pradana,M.Pd dan Putri Meinita Triana,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Pendekatan STEAM .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Jan 2025 06:32
Last Modified: 16 Jan 2025 06:32
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4434

Actions (login required)

View Item View Item