Aminatul Khasanah, Intan (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH INTEGRATIF DUKUN. S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0045_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Intan Aminatul.pdf - Published Version Download (604kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0045_COVER_BAB IV - Intan Aminatul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0045_COVER_LAMPIRAN - Intan Aminatul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0045_FULLTEXT - Intan Aminatul.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0045_COVER _UNGGAH RESPOSITORI - Intan Aminatul.pdf - Published Version Download (358kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray di kelas V SD Muhammadiyah Integratif Dukun.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis S dan Taggart. R, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Muhammadiyah Integratif Dukun, pada materi unsur intrinsik cerita. Setiap siklus pada penelitian tindakan kelas ini mengalami peningkatan. Pada penelitian tindkan kelas ini, penerapan model Two Stay Two Stray lebih optimal jika ditambah ice breaking dan pergantian tugas. Penerapan model Two Stay Two Stray memiliki kelebihan yaitu membuat siswa aktif selama kegiatan pembelajaran, berani menyampaikan pendapat, kondisi kelas terpusat pada siswa sehingga memperkecil kejenuhan. Kendala penerapan model Two Stay Two Stray yaitu memakan waktu lama dalam pelaksanaannya, serta beberapa siswa kurang memaksimalkan waktu yang diberikan untuk diskusi.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr.Galih Istiningsih,M.Pd dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara; Model Two Stay Two Stray; Penilaian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:42 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:42 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |