DEWI, INDAH KUMALA (2024) PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA KURIKULUM MERDEKA (STUDI KASUS DI MTs MUHAMMADIYAH KALIBENING 1 KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF
19.0401.0007_COVER_BAB I_BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (236kB) |
![]() |
PDF
19.0401.0007_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
![]() |
PDF
19.0401.0007_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
![]() |
PDF
19.0401.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF
19.0401.0007_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORI.pdf - Published Version Download (112kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi oleh permasalahan yang terjadi di MTs Muhammadiyah Kalibening 1 Kabupaten Banjarnegara kurang memahami administrasi guru yang sesuai dengan kurikulum merdeka sehingga guru tidak sempurna dalam membuat silabus,RPP Prota, Prosem, modul ajar, modul projek dan minimnya informasi mengenai bintek implementasi kurikulum merdeka sehingga pelaksanaan kurikulum merdeka di MTs Muhammadiyah Kalibening 1 Kabupaten Banjarnegara belum terealisasikan dengan baik. Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam meninkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pendidikn agama islam MTs Muhammadiyah Kalibening 1 Kabupaten Banjarnegaradi era kurikulum merdeka (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pendidikn agama islam MTs Muhammadiyah Kalibening 1 Kabupaten Banjarnegaradi era kurikulum merdeka. Untuk mencapai penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) kegiatan Supervisi Kepala sekolah dilaksanakan pada bulan oktober sampai dengan bulan november ada beberapa cara yang kepala sekolah gunakan seperti mengembangkan keahlian guru melalui koordinasi program pendidikan dan pengajaran, pengkoordinasian tugas staf yang berbeda antar guru, serta mengkoordinr seluruh kegiatan operasional sekolah. Kepala sekolah juga memberikan dukungan termasuk penyuluhan tentang tantangan yg dihadapi guru, selain itu kepala sekolah mengembangkan keahlian guru melalui pelatihan , keterampilan dan pemerian nasehat kepada guru, kepala sekolah mengevaluasi hasil dan proses pembelajar untuk mengevaluasi kurikulum yang sedang di kembangkan. (2) faktor pendukung dakepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pendidikn agama islam MTs Muhammadiyah Kalibening 1 Kabupaten Banjarnegaradi era kurikulum merdeka adanya komunikasi baik antar warga sekolah serta adanya reward sedangkann faktor penghambatnya tidak disiplinnya gurukurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas sehingga menciptakan iklim yang tidak kondusif dan menyenangkan, guru belum sepenuhnya disiplin seperti datang terlambat ke sekolah dan masuk kelas, kurangnya sarana prasarana, kurangnya bintek implementasi kurikulum merdeka
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum merdeka |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:58 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:01 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |