AL-AFGHANY, SHOLACHUDDIN (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL DI SMP MUHAMMADIYAH PUJOTOMO MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0079_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (315kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0079_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0079_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0079_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0079_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (475kB) |
Abstract
Globalisasi telah mengakibatkan pergeseran moral manusia, ditandai dengan banyaknya kasus penyimpangan moral yang marak di berbagai wilayah Indonesia sehingga penerapan sikap spiritual belum maksimal. Sikap ketidakjujuran ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang menyontek dalam ujian, dan sikap ketidakdisiplinan ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang terlambat sehingga penerapan sikap sosial sepertinya tidak terlihat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Guru PAI dalam membina sikap spiritual,sosial, dan faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam pembinaan sikap spiritual dan sosial siswa. Metode peneletian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui data collection, reduksi data, penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Peran guru PAI dinilai cukup penting bagi perkembangan kedua sikap tersebut. Di SMP Muhammadiyah Pujotomo, guru-guru PAI telah berperan dalam menumbuhkan sikap spiritual dan sosial. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran guru PAI dalam membina sikap rohani dengan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, sholat berjamaah, melakukan kegiatan infaq setiap hari Jumat, dan kegiatan keagamaan. Peran guru PAI dalam membina sikap sosial dilakukan melalui kegiatan kerja bhakti, membersihkan lingkungan sekolah seminggu sekali, membiasakan diri dengan 3S (senyum, sapaan, salam),kantin kejujuran, menghukum siswa yang terlambat. Faktor-faktor pendukung peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap spiritual dan sosial terlihat dari fasilitas sekolah yang memadai berupa mushola perempuan/laki-laki, media pembelajaran seperti LCD, penggunaan metode aktif. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain kurangnya fasilitas yang memadai terutama LCD, kurangnya minat terhadap guru dan pengetahuan, serta kurangnya minat siswa untuk memperbaiki diri.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Akhlak Mulia, Pembinaan Sikap |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:55 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:55 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |