Putro Sambodo, Doni (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION ( AIR ) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0095 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0095 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0095 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0095 _ FULLTETX.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Karangrejo Kecamatan Loanao Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan one group pretest posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Karangrejo yang berjumlah 25 siswa dengan diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media gambar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan skor rata-rata pretest sebesar 58,92 dan rata-rata posttest sebesar 80,20. Peningkatan rata-rata pretest dan postest adalah 21,28. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis uji peringkat bertanda Wilcoxson. Berdasarkan analisis terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar IPA antara pretest dan postest dengan nilai Z sebesar -4,376 dengan nilai sig 0,001 (sig <0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons. (0002086001) dan Ari Suryawan, M.Pd.(0618128801)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:48
Last Modified: 30 Jan 2025 04:57
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item