MUSTAKIM, MUHAMMAD ROZAQNA (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGANYAR KECAMATAN BOROBUDUR. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
17.0401.0042_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (410kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
17.0401.0042_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
17.0401.0042_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
17.0401.0042_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
17.0401.0042_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas V di SD Negeri Karanganyar Kecamatan Borobudur yang belum maksimal, salah satu faktornya adalah penggunaan metode pembelajaran yang monoton sehingga, siswa merasa bosan, jenuh serta cenderung pasif sehingga tidak mampu memahami materi dengan baik. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi Pada Siswa kelas V di SD Negeri Karanganyar Kecamatan Borobudur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerepan metode Demonstrasi dalam pembelajaran PAI sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Karanganyar Kecamatan Borobudur. Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Metode Demonstrasi dapat meningkatkan Hasil Belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V di SD Negeri Karanganyar. Hal ini terlihat dari 7 siswa pada saat prasiklus (sebelum dilakukan tindakan) siswa yang nilainya telah mencapai nilai KKM yaitu sebanyak 2 siswa atau 29% dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 5 siswa atau 71%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas siklus I terjadi penngkatan, siswa yang nilainya mencapai KKM meningkat menjadi 4 siswa atau 57%, dan yang nilainya belum mencapai KKM menurun menjadi 3 siswa atau 43%. Meskipun terjadi peningkatan pada siklus I, akan tetapi belum mencapai indikator kinerja yang ingin dicapai peneliti yaitu sebanyak 72% dari jumlah keseluruhan siswa dengan nilai rata-rata 80. Selanjutnya, peneliti melanjutkan penelitian tindakan kelas siklus II. Pada siklus II ini nilai siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 6 siswa atau 86%, dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 1 siswa atau 14%. Kenaikan hasil belajar tersebut juga dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas meningkat dari sebelum dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dimana nilai rata-rata siswa pra siklus sebesar 73 pada siklus I meningkat menjadi 76 dan pada siklus II meningkat menjadi 84. Berdasarkan hasil penelitian , dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Karanganyar.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Metode Demonstrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:51
Last Modified: 16 Jan 2025 02:51
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item View Item