PRAMESWARI, ‘AZMI HAPSARI MASYITA (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB-C YAYASAN PENDIDKAN DAN PENYANTUNAN ANAK LUAR BIASA MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0069_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (557kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0069_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0069_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0069_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0401.0069_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (239kB) |
Abstract
Tunagrahita merupakan anak-anak dengan masalah belajar yang memilik kecerdasan di bawah rata-rata, dan sulit untuk berkomunikasi dan bersosial disebabkan adanya keterbatasan. Mengingat kondisi peserta didik yang memiliki keterbatasan serta pentingnya landasan ilmu agama pada zaman sekarang, maka pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) benar-benar harus di perhatikan dan memiliki strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa tunagrahita di SLB-C YPPALB Magelang. (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa tunagrahita di SLB-C YPPALB Magelang. (3) Hasil strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa tunagrahita di SLB-C YPPALB Magelang. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan sumber data yang di peroleh dari kepala sekolah SLB-C YPPALB Magelang, guru PAI SLB-C YPPALB MAGELANG dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan membuat perangkat pembelajaran berupaka prota, promes, Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang diimbangi dengan metode ceramah, metode pengulangan dan metode pembiasaan, dalam pelaksanaannya terdapat tiga tahap yaitu pembuka pembelajaran, inti pembelajaran dan penutup pembelajaran yang akan diakhiri dengan evaluasi. Dalam pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori menekankan pada penyampaian verbal dimana guru menjadi informan bagi siswa. (3) Hasil strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada siswa menunjukkan hasil yang baik bagi sisiwa tunagrahita yaitu, siswa dapat menghafal beberapa surat pendek, asmaul husna dan gerakan sholat.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:44 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:44 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |