Wulansari, Zul Fatih (2024) PENGARUH PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA) BERBANTUAN PLATFORM ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jampiroso). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
2003050115_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Zulfatih Wulansari.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
2003050115_COVER_BAB IV - Zulfatih Wulansari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
2003050115_COVER_LAMPIRAN - Zulfatih Wulansari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
2003050115_FULLTEXT1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
2003050115_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Zulfatih Wulansari.pdf - Published Version

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan platform Assemblr Edu terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V SD Negeri 1 Jampiroso. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika. Melalui pembelajaran matematika siswa memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu permasalahan.
Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental (Nonequivalent Control Group Design) penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jampiroso. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi yaitu teknik total sampling sebanyak 55 siswa diantaranya dari 27 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan mengggunakan tes dan observasi. Tes ini digunakan untuk mengukur sejauh mana siswa dalam kemampuan berpikir kreatif matematis materi volume bangun ruang kubus dan balok sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan Pendekatan Concrete Pictorial Abstract berbantuan platfrorm Assemblr Edu dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendeketan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan platform Assemblr Edu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hal tersebut didukung dengan adanya uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Mann Whitney. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendeketan Concrete Pictorial Abstract (CPA) berbantuan Platform Assemblr Edu berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr.Dhuta Sukmarani,M.Pd dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Concrete Pictorial Abstract, Platform Assemblr Edu, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Jan 2025 04:05
Last Modified: 06 Jan 2025 04:05
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4402

Actions (login required)

View Item View Item