Amalia, Tri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Dawung, Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0167_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Tri Amalia.pdf - Published Version Download (576kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0167_COVER_BAB IV - Tri Amalia.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0167_COVER_LAMPIRAN - Tri Amalia.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0167_FULLTEXT - Tri Amalia.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
19.0305.0167_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Tri Amalia.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa pada materi sifat - sifat bunyi mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Dawung, Kabupaten Magelang. Desain yang diambil pada penelitian ini yaitu Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Pre-Eksperimental design dengan jenis one group pre-test post-test design
Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 10 siswa kelas V SD Negeri Dawung, Kabupaten Magelang. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes soal uraian dan observasi. Pelaksanaan kegiatan dalam mengumpulkan data yaitu pertama menggunakan pre-test yang diberikan sebelum dilakukan treatment, kedua menggunakan post-test yang diberikan sesudah dilakukan treatment. Adapun uji statistik dalam pengujian hipotesis yaitu menggunakan paired sample t-test berbantuan IBM SPSS 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest yang diperoleh siswa adalah 62 dan rata-rata posttest siswa adalah 81. Terlihat bahwa kemampuan berpikir ilmiah siswa mengalami peningkatan sebanyak 30,64%. Kemudian, pada hasil analisis uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 dan lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model pembelajaran Direct Instruction berpengaruh terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Arif Wiyat Purnanto,M.Pd dan Tria Mardiana,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Ilmiah, Model Pembelajaran Direct Instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 04:58 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 04:58 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |