Pratiwi, Shanti (2017) EFEKTIVITAS MENARI UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA DINI. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0018_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (790kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0018_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0018_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas menari guna
meningkatkan perilaku percaya diri anak usia dini, yang dalam hal ini adalah siswa
Kelompok Bermain Taman Penitipan Anak D‟Lola Kota Magelang.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari : (1)
perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Metode
pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan metode wawancara.
Metode observasi digunakan untuk mengamati perilaku kurang percaya diri pada
siswa Kelompok Bermain Taman Penitipan Anak D‟Lola Kota Magelang tahun
pelajaran 2016/2017 metode wawancara digunakan untuk mengumpulkan data
tentang latar belakang munculnya perilaku kurang percaya diri pada siswa dan
perubahannya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi, wawancara. Aspek yang dijadikan indikator untuk diteliti adalah (1) Tidak
suka berbaur dengan anak lain, (2) Lebih suka menyendiri, (3) Cenderung banyak
diam. Data yang diperoleh dianalisa dengan tehnik analisis prosentase konstan.
Prosentase perubahan frekuensi munculnya indikator yang diamati diharapkan
mencapai 50% . subjek penelitian ini adalah dua orang siswa yang memiliki landasan
perilaku kurang percaya diri. Variabel yang diteliti ada 3 yaitu: variabel input,
variabel berupa perilaku kurang percaya diri yang dimiliki kedua orang siswa.
Variabel proses, berupa perlakuan dengan tehnik kegiatan menari, dan variabel
output, berupa perubahan perilaku percaya diri pada kedua subjek penelitian.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan menari efektif untuk
meningkatkan perilaku percaya diri anak usia dini. Hal ini didukung oleh hasil yang
diperoleh secara keseluruhan perubahan perilaku kurang percaya diri dengan
prasentase perubahan sebesar 62.5%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd, (0028036001) Febru Pujiastuti, S.Pd, (90623028402)
Uncontrolled Keywords: Menari, Percaya Diri, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:41
Last Modified: 30 Jan 2025 04:17
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item