Susianah, Susianah (2017) PENINGKATAN WORD ACQUISITION BAHASA ISYARAT INDONESIA MELALUI FLASHCARD ( Penelitian pada Siswa Deaf di SLB Negeri Kota Magelang ). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0012_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0012_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0012_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan word acquisition
bahasa isyarat Indonesia melalui flashcard.
Metode penelitian adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan
seseorang dengan tujuan menemukan, memecahkan, dan mengembangkan serta
membuktikan kebenaran suatu pengetahuan menggunakan cara atau metodemetode
yang bersifat ilmiah. Pada penelitian ini mengkaji dan merefleksi suatu
pendekatan pembelajaran dengan flashcard untuk bisa meningkatkan word
acquisition bahasa isyarat Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus dengan empat kali pertemuan
dan prosentase pencapaian sudah tercapai sehingga tidak memerlukan siklus ke
tiga. Pada masing-masing siklus terdapat beberapa tahap yaitu tahapan
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini terdapat
tiga variabel yaitu variabel input (word aquisition bahasa isyarat Indonesia yang
masih rendah) variabel proses (kegiatan penggunaan flashcard) dan variabel
output (meningkatnya word aquisition bahasa isyarat Indonesia).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan flashcard efektif
untuk meningkatnya word aquisition bahasa isyarat Indonesia. Hal ini dibuktikan
dengan adanya perubahan prosentase dari kondisi awal sebelum tindakan dan
setelah adanya tindakan. Hasil siklus 1 pada S1 37%, S2 46%, S3 47%. Sesudah
tindakan pada siklus II meningkat S1 69%, S2 66% dan S3 65%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa melalui flashcard dapat meningkatkan word
acquisition bahasa isyarat Indonesia anak Deaf usia dini di SLB Negeri Kota
Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si (0007096412) dan Dede Yudi S.Pd (0620068203)
Uncontrolled Keywords: word acquisition Deaf usia dini, flashcard.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:40
Last Modified: 31 Jan 2025 06:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item