Himawati, Duanita (2017) EFEKTIVITAS TOILET TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK (Penelitian pada Siswa BA ‘Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0011 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0011 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0011 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0011 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui efektifitas toilet training untuk
meningkatkan kemandirian anak BA „Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid
Kabupaten Magelang.
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap
yaitu perencaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di
BA „Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Subyek
penelitian ini yaitu siswa Kelompok A BA „Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan
Mungkid Kabupaten Magelang yang berjumlah 18 anak. Variabel yang digunakan
dalam penelitian meliputi variabel input (kemandirian anak yang masih rendah),
variabel proses (toilet training) dan variabel output (peningkatan kemandirian anak).
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Metode analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif prosentase.
Kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa toilet training efektif untuk
meningkatkan kemandirian anak BA „Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid
Kabupaten Magelang. Sebelum diberikan tindakan toilet training, tingkat
kemandirian anak baru mencapai 56,3%. Setelah diberikan tindakan toilet training
pada siklus 1, tingkat kemandirian anak meningkat menjadi 73,6%. Setelah
diberikan tindakan toilet training pada siklus 2, tingkat kemandirian anak meningkat
menjadi 85,9%. Setelah penelitian selesai, diketahui kemandirian anak tetap tinggi.
Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata dengan tingkat persentase 86,6% > 75%.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemandirian anak sudah melekat dalam
kehidupan sehari-hari meskipun sudah tidak ada tindakan pembiasaan toilet training
di sekolah

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons. (0008015701) dan Khusnul Laely, M.Si. (0620078601)
Uncontrolled Keywords: Toilet Training, Kemandirian Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:40
Last Modified: 22 Jan 2025 07:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item