Faizah, Nurul (2017) EFEKTIVITAS BERMAIN EMBER AKSARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF (Penelitian Pada Siswa Kelompok B di Raudhatul Atfal Darul Ulum Kupen, Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2016/2017). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0304.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (571kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0304.0007_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0304.0007_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0304.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bermain ember
aksara untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf yang di lakukan pada
anak kelompo B di Raudhatul Atfal Darul Ulum Kupen Kecamatan Pringsurat
Kabupaten Temanggung
Metode penelitian adalah suatu usaha atau cara yang dilakukan seseorang
dengan tujuan menemukan, memecahkan dan mengembangkan serta
membuktikan kebenaran suatu pengetahuan menggunakan cara atau metode –
metode yang bersifat ilmiah. Pada penelitian ini mengkaji dan merefleksi suatu
pendekatan pembelajaran dengan ember aksara. Rancangan penelitian yang
digunakan merupakkan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 3 siklus
dengan tiga kali pertemuan dan prosentase pencapaian sudah tercapai sehingga
tidak memerlukan siklus selanjutnya. Pada masing-masing siklus terdapat
beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam
penelitian ini terdapat tiga variabel yang digunakan yaitu variabel input (4 anak
pada kelompok B di Raudhatul Atfal Darul Ulum Kupen Pringsurat Temanggung)
, variabel proses (bermain ember aksara) dan variabel output (meningkatnya
kemampuan mengenal huruf).
Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah bermain ember aksara
efektif untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf. Hal ini dibuktikan
dengan adanya perubahan prosentase dari kondisi awal sebelum tindakan dan
setelah adanya tindakan. Hasil tindakan pada siklus I pada S1 26%, S2 31%, S3
28%, S4 28%. Sesudah tindakan siklus II meningkat S1 51%, S2 53%, S3 53%
dan S4 53%. Sesudah tindakan pada siklus III meningkat S1 66%, S2 66%, S3
65% dan S4 66% setelah siklus III dilaksanakan prosentase pencapaian sudah
tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain ember aksara
efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Di Raudhatul Atfal
Darul Ulum Kupen Pringsurat Temanggung.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M. Si (0007096412) dan Nur Rahmah, S.Pd (0621108302) |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Mengenal Huruf, Bermain Ember Aksara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 03:23 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:36 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |