Novitasari, Elsa (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF SANDPAPER (Penelitian pada Kelompok B TK Mardisiwi Madureso Temanggung Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
11.0304.0034_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (601kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
11.0304.0034_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
11.0304.0034_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
11.0304.0034_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan
membaca permulaan anak melalui permainan kartu huruf sandpaper.
Penelitian ini merupakan penlitian tindakan kelas yang dilaksanakan
selama tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Subyek penelitian dalam
penelitian ini adalah siswa kelompok B pada Taman Kanak-kanak Mardisiwi
Madureso Temanggung yang berjumlah 4 anak.Variabel yang digunakan
meliputi variable input Kemampuan membaca permulaan anak yang masih renda,
variabel proses permainan kartu huruf sandpaper, dan variable output kemampuan
membaca permulaan kemampuan membaca permulaan meningkat. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar
observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yag digunakan dalam
penelitian tindakan ini yaitu teknik analisis data deskriptif dan persentase.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu huruf
sandpaper efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan
baik, setelah dilakukan 3 kali siklus dengan permainan kartu huruf sandpaper
meningkat dan persentase keberhasilan mencapai 80% (<75%). Kemampuan
membaca permulaan terlihat dari kemampuan siswa dalam bermain dengan kartu
huruf sandpaper secara mandiri dan dapat menyusun potongan suku kata pada
setiap kartu huruf dengan tepat.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Nur Rahmah, S.Pd (0621108302) |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan, Permainan Kartu Huruf Sandpaper |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 02:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 03:04 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |