Setyowati, Woro (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENTUK DAN UKURAN MELALUI PERMAINAN BALOK (Penelitian Pada Anak Taman Kanak-kanak Tunas Ilmu Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
10.0304.0127 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (709kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
10.0304.0127 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
10.0304.0127 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
10.0304.0127 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji kemampuan mengklasifikasi bentuk
dan ukuran melalui permainan balok pada Taman Kanak-kanak Tunas Ilmu
Guntur pada kelompok B usia 5-6 tahun.
Penelitian dilakukan dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri dari lima subyek penelitian adalah siswa kelompok B Taman Kanak-kanak
Tunas Ilmu Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Dengan subyek
penelitian 5 anak. Penelitian ini dengan permainan balok yang dimasukan dalam
kegiatan. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel input, variabel
proses, variabel output. Adapun pengumpulan data menggunakan Observasi dan
Wawancara yaitu dengan menggunakan dan mengkoordinasikan data hasil
penelitian yang diperoleh penelitian dengan kriteria keberhasilan telah ditetapkan.
Indikator keberhasilan yang ditetapkan dari 5 anak adanya peningkatan
kemampuan mengklasifikasikan bentuk dan ukuran melalui permainan balok
sebesar 60% atau lebih. Analisis data pada penelitian ini menggunakan data
deskriptif dengan analisis refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan mengklasifikasikan
bentuk dan ukuran benda dapat ditingkatkan melalui permainan balok. Dengan
menunjukkan adanya perubahan peningkatan kemampuan mengklasifiaksikan
bentuk dan ukuran benda melalui permainan balok. Hal ini terbukti dengan
adanya hasil perubahan pada setiap siklusnya adapun hasil pencapaian
kemampuan mengklasifikasikan bentuk dan ukuran bneda subyek 1 semula
44,44% menjadi 77,77%, subyek 2 semula 38,88% menjadi 72,77%, subyek 3
semula 41,66% menjadi 75%, subyek 4 semula 38,88% menjadi 72,77%, subyek
5 semula 38,88% menjadi 75%.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra Lilis Madyawati, M.Si, (0007096412) dan Nur Rahmah, S.Pd, (0621108302) |
Uncontrolled Keywords: | Permainan Balok, Kemampuan Mengklasifiaksikan bentuk dan ukuran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 02:48 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 02:05 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |