Purwa, Walison Adi (2017) KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SALAMAN 2 (Penelitian Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salaman 2) Tahun Ajaran 2015/2016. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.092_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.092_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.092_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.092_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas
IV SD Negeri Salaman 2. Proses penelitian dilakukan selama kurang lebih 2
minggu. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi langsung di SD
Negeri Salaman 2, kemudian melakukan wawancara dan dokumentasi untuk
memperoleh data yang akurat serta obyektif.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah
penelitian yang menghasilkan data terhadap fenomena sosial tertentu yang berupa
kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati tanpa
membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana terdapat satu variabel di
dalamnya yaitu variabel bebas (pengaruh) adalah kedisiplinan belajar. Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan
triangulasi metode. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Salaman 2 yang
berjumlah 6 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pelanggaran yang berkaitan
dengan kedisiplinan belajar siswa kelas IV di SD Negeri Salaman 2 yang terdiri
dari tiga aspek yaitu aspek pelanggaran atas kewajiban siswa selama mengikuti
pelajaran, aspek pelanggaran atas larangan siswa selama mengikuti pelajaran dan
aspek pelanggaran cara berpakaian. Upaya yang dilaksanakan untuk menanamkan
sikap kedisiplinan belajar siswa yaitu memberikan penyuluhan, membuat tata
tertib kelas, melaksanakan peraturan kelas, memberikan hukuman, memberikan
penghargaan, dan konsisten. Kendala yang dihadapi guru dalam penanaman
kedisplinan belajar siswa yaitu siswa cenderung mengkuti aturan yang berlaku
apabila ditegur, kurangnya kesadaran diri siswa akan pentingnya disiplin belajar,
siswa belum bisa terfokus, dan kurangnya sikap keteladanan guru dalam ketepatan
datang ke sekolah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala
dalam membangun disiplin belajar siswa yaitu memberikan pembinaan kepada
siswa yang bermasalah dengan kedisiplinan, komunikasi antar warga sekolah, dan
musyawarah dalam kegiatan ESI (Evaluasi Sharing dan Informasi).

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Purwati, M.S.,Kons. (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.P.d.(0601098303)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:38
Last Modified: 30 Jan 2025 04:27
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item