Arfiyanto, Dwi Yuli (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN SEKOLAH (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Magersari 3 Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0085_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0085_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0085_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0085_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
role play terhadap peningkatan disiplin sekolah siswa kelas V SD Negeri
Magersari 3 Magelang.
Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan One Group Pretest-
Posttest Design dengan menggunakan satu sampel kelas yang digunakan untuk
penelitian. Subjek penelitian yang diambil adalah 23 siswa kelas V SD Negeri
Magersari 3 Magelang yang mendapat perlakuan berupa penerapan model
pembelajaran role play. Variabel yang diteliti ada 2 yaitu: variabel terikat yang
berupa peningkatan disiplin sekolah dan variabel bebas yang berupa penerapan
model pembelajaran role play. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan angket. Metode analisis data menggunakan uji statistik parametrik
dengan bantuan program komputer software SPSS 16.0 for windows yaitu paired
sample t-test.
Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran role play
berpengaruh secara positif terhadap peningkatkan disiplin sekolah. Hasil
penelitian yang diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran role play
kepada siswa setelah diberikan tindakan adalah meningkatnya disiplin sekolah
pada siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan skor nilai terendah sebelum
dilakukan perlakuan menggunakan model pembelajaran role play adalah 68 dan
skor nilai tertinggi sebesar 111, diperoleh mean dari keseluruhan siswa kelas V
sebesar 89,57 dan skor nilai terendah setelah diberikan perlakuan dari keseluruhan
siswa adalah 91 dan skor nilai tertinggi sebesar 134, diperoleh mean dari
keseluruhan siswa kelas V sebesar 111,65.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs.Tawil,M.Pd.Kons (0008015701) dan Septiyati Purwandari,M.Pd (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Play, Disiplin Sekolah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:37
Last Modified: 21 Jan 2025 02:27
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item