FAHRUDIN, IMAM (2017) Pengaruh Strategi Crossword Puzzle Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kemirirejo I Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0081_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0081_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0081_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0081_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi CrossWord Puzzle
terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS.
Design penelitian yang digunakan adalah one group pre test – post test design.
Dengan menggunakan sample kelas yang digunakan untuk penelitian. Subjek
pemnelitian yang diambil adalah 32 siswa kelas V SD Negeri Kemirirejo 1 Kota
Magelang yang mendapat perlakuan berupa Strategi Crossword Puzzle. Ada dua
variabel yang digunakan yaitu variable bebas yang berupa strategi crossword puzzle
dan variable terikat yang berupa hasil belajar. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tes. Metode analisis data menggunakan uji statistik parametik
dengan bantun program komputer software SPSS 22 For Windows yaitu paired
sample t-test
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi crossword
puzzle berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
kelas V SD Negeri Kemirirejo 1 Kota Magelang tahun pelajaran 2016/2017. Hal
tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest. Pretest
sebelum perlakuan adalah 68,43, sedangkan posttest sesudah diberi perlakuan adalah
83,76. Peningkatan rata-rata pretest dan posttest adalah 15,33.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.Si, Kons (0002086001) dan Dhuta Sukmarani,M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, hasil belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:37
Last Modified: 21 Jan 2025 07:46
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item