Atrini, Riska Puji (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAY PADA SISWA KELAS IV SD N KALISARI 2 KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG ( Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Kalisari 2, Kec. Tempuran, Kab. Magelang Tahun Ajaran 2015/2016). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0075 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (483kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0075 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0075 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0075 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar
mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode role play pada siswa kelas IV
SD Negeri Kalisari 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalisari 2
Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Adapun sampel dalam penelitian ini
berjumlah 25 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode bermain
peran (role play), metode ini dipilih karena selain melatih keberanian siswa untuk
bermain drama, juga membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan
mengembangkan kerjasama dalam diri siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh pada prasiklus
sangat rendah, karena dari siswa hanya ada 9 siswa yang memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM. Berarti hanya 36% siswa yang tuntas sesuai KKM
dan 64% siswa tidak tuntas KKM. Rata-rata kelas hanya mencapai 64,27. Upaya
untuk meningkatan hasil belajar bermain drama, dilaksanakan dalam dua siklus.
Pada hasil siklus I diperoleh hasil belajar mengalami peningkatan dibandingkan
hasil belajar pada prasiklus. Hasil rata-rata kelas pada siklus I adalah 67,92. Pada
siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 80,36 dan aktivitas
siswa 7,40. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode
Bermain Peran (Role Play) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa
pada materi kelas IV SD Negeri Kalisari 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten
Magelang tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd. (0007085701) dan Ela Minchah L.A,M.Psi.Psi. (0606018701) |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas siswa, Metode Role Play, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 01:36 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:03 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |