Pranasila, Suci Tunggadewi (2017) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KECEMASAN MENGHADAPI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Magersari 3, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0068_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0068_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0068_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0068_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) mengetahui hubungan antara
konsep diri dengan prestasi belajar matematika, (2) mengetahui hubungan antara
kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar
matematika, (3) mengetahui hubungan antara konsep diri dan kecemasan
menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika
Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang dilakukan pada Siswa Kelas
IV dan V SD Negeri Magersari 3, Kecamatan Magelang Selatan,Kota
MagelangTahun Ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah semua siswa kelas IV dan V yang berjumlah 41 siswa, diambil dengan
menggunakan teknik total sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket atau kuesioner dan tes. Uji prasyarat analisis berupa ujinormalitas,
uji linearitas, dan uji multikolinieritas.Teknik analisisdata yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis korelasi parsial, analisisregresi linier sederhana dan
analisis regresi linier ganda dengan taraf signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang
positif antara konsep diri dengan prestasi belajar matematika yangditunjukkan
dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,502 dan ..< 0,05.(2) terdapat
hubungan yang negatif antara kecemasan menghadapipembelajaran matematika
dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkandengan nilai koefisien
korelasi parsial sebesar .0,343 dan ..< 0,05. (3) terdapat hubungan antara konsep
diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar
matematika yang di tunjukkandengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,661 dan
..< 0,05. Sumbangan efektifsecara bersama-sama variabel konsep diri dan
kecemasan menghadapi pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar
matematika sebesar 43,7%, sedangkan 56,3% sisanya diberikan oleh variabel lain
yang tidak dibahas padapenelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. (0614107401) dan Ari Suryawan, M.Pd.,(0618128801)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Kecemasan Menghadapi Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:33
Last Modified: 30 Jan 2025 03:47
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item