Sakti, Dio Laksmana (2022) PROTOTYPING WEB E-LEARNING DENGAN ASYNCHRONOUS UNTUK PEMBELAJARAN SISWA KELAS 1 SD (Studi Kasus: SD Muhammadiyah Inovatif Pujotomo Magelang). Other thesis, Universitas Muhamamdiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
1705040056_COVER_BABI_BABII_BABIII_BABVI, DAFTAR PUSTAKA - Dio Laksmana Sakti.pdf

Download (836kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
1705040056_COVER_BABIV_BABV - Dio Laksmana Sakti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
1705040056_COVER_LAMPIRAN - Dio Laksmana Sakti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
1705040056_FULLTEXT - Dio Laksmana Sakti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
1705040056_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Dio Laksmana Sakti.pdf

Download (478kB)
Official URL: https://repositori.unimma.ac.id/

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (online) saat ini menjadi sarana belajar yang sangat
berperan penting disaat masa pandemi ini, salah satu yang terkena dampak yaitu
pada bidang pendidikan di SD Muhammadiyah Inovatif Pujotomo Magelang.
Kesulitan yang dialami guru dan siswa yaitu pada sistem pembelajaran online yang
banyak menggunakan media platform seperti Quizziz, Google Classroom, Youtube
d.s.b sehingga data materi, tugas dan nilai setiap mata pelajaran akan mudah
tercampur dan hilang. Hal ini yang membuat siswa sulit mencari data materi dan
tugas yang lampau, sedangkan guru sulit untuk mencari data tugas yang sudah
terkumpul maupun nilai kuis yang sudah dikerjakan siswa dikarenakan tidak ada
salinan datanya. E-learning merupakan media pembelajaran yang sangat membantu
guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar. Metode e-learning
asynchronous merupakan sarana untuk guru dan siswa berinteraksi seperti
pemberian materi, tugas, kuis, presensi dan pemberian nilai sehingga guru dan
siswa dapat dengan mudah mencari data sesuai mata pelajarannya. Hasil pengujian
e-learning asynchronous menggunakan blackbox testing berjalan dengan baik,
tidak mengalami kesalahan apapun. Pengujian selajutnya menggunakan UAT
dengan beberapa pengguna yaitu admin dengan 97%, guru 91%, dan siswa kelas
satu 93% dapat disimpulkan bahwa kebutuhan pengguna telah terpenuhi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Purwono Hendradi, M.Kom dan Nugroho Agung Prabowo, S.T., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Pandemi, SD, Pembelajaran, E-learning, Asynchronous
Subjects: T Technology > T2 Information Technology
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:50
Last Modified: 26 Feb 2024 04:50
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item