Hanif, Irna Annisa’ (2017) PENGARUH METODE SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ FULLTETX.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Dukun
tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperiment dengan desain
nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode SQ3R
(X) dan kemampuan membaca pemahaman (Y). Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas
IV A dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV B SD Muhammadiyah Integratif
Dukun dengan jumlah masing-masing tiap kelasnya 20 siswa. Teknik pengumpulan
data penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis
menggunakan rumus t-test yang didahului uji homogenitas varians.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode SQ3R berpengaruh secara positif
terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah
Integratif Dukun. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi
5% (derajat kepercayaan 95%) diperoleh nilai t hitung 4.659 > t tabel 2.093. Nilai t
hitung > t tabel menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman kedua kelompok
berbeda secara signifikan. Berdasarkan nilai t hitung tersebut, dapat disimpulkan bahwa
pengaruh metode SQ3R lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons (0008015701) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Metode SQ3R, Membaca Pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:21
Last Modified: 22 Jan 2025 03:35
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item