Hanif, Irna Annisa’ (2017) PENGARUH METODE SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (650kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ FULLTETX.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Dukun
tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperiment dengan desain
nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode SQ3R
(X) dan kemampuan membaca pemahaman (Y). Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas
IV A dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV B SD Muhammadiyah Integratif
Dukun dengan jumlah masing-masing tiap kelasnya 20 siswa. Teknik pengumpulan
data penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis
menggunakan rumus t-test yang didahului uji homogenitas varians.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode SQ3R berpengaruh secara positif
terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah
Integratif Dukun. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi
5% (derajat kepercayaan 95%) diperoleh nilai t hitung 4.659 > t tabel 2.093. Nilai t
hitung > t tabel menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman kedua kelompok
berbeda secara signifikan. Berdasarkan nilai t hitung tersebut, dapat disimpulkan bahwa
pengaruh metode SQ3R lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd., Kons (0008015701) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402) |
Uncontrolled Keywords: | Metode SQ3R, Membaca Pemahaman. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 01:21 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:35 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |