Rahmawati, Titania (2017) PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD N Krincing Kecamatan Secang Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (554kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD N Krincing Kecamatan Secang
Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Variabel bebas pada penelitian
ini adalah penerapan metode peta konsep sedangkan variabel terikatnya adalah hasil
belajar IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri
Krincing yang berjumlah 40 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA
yang berjumlah 20. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol dengan random assignment secara acak dengan menggunakan
undian. Hasil yang diperoleh yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas
VB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes.
Hasil penelitian mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 68,10, sedangkan
untuk posttest nilai rata-rata sebesar 75,05. Pengujian hipotesis menggunakan
Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS for windows versi 23,00.
Berdasarkan analisis terdapat perbedaan dari hasil t-test antara pretest dan posttest.
Hasil pretest menunjukaan Sig. (2-tailed) sebesar 0,017, sedangkan hasil posttest
menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,006. Karena Sig < 0.05 maka dapat diambil
kesimpulan bahwa metode peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Sugiyadi, M.Pd.Kons (0627057501) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | metode peta konsep, hasil belajar ipa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 04:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:27 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |