Kurniati, Astiwi Membangun Kelekatan Orang Tua dan Anak di Era Digital. Unimma Press.
Preview |
PDF
book chapter astiwi FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kajian ini dilatarbelakangi fenomena manusia sangat bergantung
dan diperbudak oleh perangkat teknologi. Manusia tidak dapat
serta-merta membendung ataupun antipati dengan perkembangan
teknologi. Melalui perkembangan teknologi manusia dapat
mengakses informasi yang dibutuhkan dalam kehidupan, namun
demikian sebagian dari kita beranggapan dengan adanya kemajuan
teknologi akan mendapatkan segala yang diinginkan dan
dibutuhkan tanpa melihat sisi negatif. Kehadiran teknologi dan
informasi memiliki tujuan salah satunya memudahkan proses
komunikasi. Proses komunikasi yang efektif akan sangat membantu
terbentuknya kelekatan antara orangtua dengan anak.
Permasalahannya banyak di antara kita menggunakan teknologi
secara berlebihan sehingga merusak tatanan kehidupan, salah
satunya mulai berkurang kelekatan antara orangtua dengan anak.
Banyak orangtua yang beranggapan bahwa ketika fasilitas dan
kebutuhan tercukupi maka anak akan merasa senang dan puas.
Banyak orangtua berlomba-lomba untuk menfasilitasi anak dengan
gawai keluaran terbaru, dengan harapan anak akan merasa senang
serta orangtua tidak perlu memberikan perhatian secara psikologis.
Kelekatan orangtua anak tidak hanya sebatas kehadiran fisik
maupun pemenuhan kebutuhan lahiriyah saja, dalam kehidupan
anak dibutukan adanya komunikasi verbal maupun non verbal
sehingga anak merasa dihargai, dibutuhkan, diperhatikan, lebih
komunikatif, responsif, merasa aman yang semuanya itu akan
menumbuhkan kepercayaan diri bagi anak. Tidak semua perangkat
teknologi akan dapat menggantikan posisi orangtua dalam
membangun kelekatan dengan anak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 03:10 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 03:10 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |