Ulfa, Siti Maria (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MODEL BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNI ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESANTUNAN BERBAHASA (Penelitian pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Borobudur). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0041 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0041 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0041 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0041 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok
model behavioristik dengan teknik role playing terhadap peningkatan pemahaman
kesantunan berbahasa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Tata Busana
SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.
Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan
satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam
kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (bimbingan
kelompok model behavioristik dengan teknik role playing) dan 10 siswa masuk
dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan
(bimbingan kelompok model behavioristik). Pengambilan sampel menggunakan
teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner.
Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik One Way Anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok model
behavioristik dengan teknik role playing berpengaruh terhadap peningkatan
pemahaman kesantunan berbahasa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan
peningkatan skor angket kesantunan berbahasa antara kelompok eksperimen
dengan kelompok kontrol, dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen
lebih tinggi yaitu (11%) dibandingkan kelompok kontrol (-1%). Selain itu
peningkatan pemahaman kesantunan berbahasa siswa ditandai dengan perbedaan
aspek dan indikator dari kesantunan berbahasa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. (0012096606) dan Dewi Lianasari, M.Pd (0626058702)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik role playing, kesantunan berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:51
Last Modified: 31 Jan 2025 06:41
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item