Sartina, Dwi (2022) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Gambasan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
18.0305.0120_Cover_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Dwi Sartina.pdf - Published Version Download (451kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0120_Cover_BAB IV - Dwi Sartina.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0120_FULLTEXT - Dwi Sartina.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0120_Cover_LAMPIRAN - Dwi Sartina.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0120_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Dwi Sartina.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model realistic
mathematic education (RME) berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil
belajar siswa kelas IV SDN 1 Gambasan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan pre-eksperimental design dengan model one group pretest-posttest
design. Subjek penelitian dipilih secara sampling jenuh. Responden untuk
penelitian ini adalah 21 siswa kelas IV SDN 1 Gambasan. Metode pengumpulan
data dengan menggunakan tes. Uji validitas instrument tes soal pretest dan
posttest menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS 28 for
windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data
menggunakan teknik statistic parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan
bantuan program IBM SPSS 28 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model realistic mathematic
education (RME) berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas IV SD. Hal ini dibuktikan bahwa hasil analisis uji
Paired Sample T-Test pada kelas yang diberi treatment dengan probabilitas sig.
(2-tailed) 0,001< 0,005. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
adanya perbedaan skor rata-rata pada hasil tes pretest dan posttest. Sebelum
diberikannya treatment, rata-rata nilai pretest siswa sebesar 63,19. Sedangkan
setelah pemberian treatment, rata-rata pada penilaian posttest sebesar 72,85.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Tria Mardiana, M.Pd. Dan Galih Istiningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | RME, Multimedia, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 08:04 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |