Sari, Ajeng Nurulita (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SOPAN SANTUN (Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0023 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of 0609118701] PDF (0609118701)
12.0301.0023 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of 0609118701] PDF (0609118701)
12.0301.0023 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 0609118701]
Preview
PDF (0609118701)
12.0301.0023 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan pemahaman sopan santun.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Magelang Tahun
Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan one group pre test – post test design.
Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil
sebanyak sepuluh siswa dengan diberikan perlakuan berupa bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan angket pemahaman sopan santun. Hasil penelitian
dianalisis dengan menggunakan metode statistic non parametric melalui
program SPSS versi 16.0 for windows dengan menggunakan uji wilcoxon
match pairs test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman sopan
santun. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata sebesar 10%
setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Selain itu
peningkatan pemahaman sopan santun ditandai dengan perbedaan aspek dan
indikator pemahaman sopan santun. Salah satunya adalah siswa yang semula
belum paham bagaimana menghormati dan cara berbicara yang sopan dan
santun, sekarang menjadi lebih paham dalam menhormati dan berbicara yang
sopan dan santun kepada orang lain.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons., (0002086001) dan Dr. Riana Mashar, M.Si., Psi., (0614107401)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Sopan Santun
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:00
Last Modified: 31 Jan 2025 01:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item