Adi, Nugroho Seno (2017) TEKNIK SOSIODRAMA MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VII. E SMP N 4 Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0304.0058 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
11.0304.0058 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
11.0304.0058 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0304.0058 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Efektivitas Teknik
Sosiodrama Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri
.siswa kelas VII.E SMP N 4 Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling
dengan menggunakan beberapa siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yaitu
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan
refleksi.Subjek penelitian ini adalah delapan orang siswa yang memiliki indicator
rendah diri.Variabel yang diteliti ada tiga, yaitu :variable input, berupa akibat
konsep diri rendah pada siswa; variabel proses berupa penerapan teknik
sosiodrama melalui konseling kelomok ; dan variable output, berupa hasil
pemberian teknik sosiodrama melalui layanan konseling kelompok yang berupa
meningkatkan konsep diri pada siswa. Metode pengumplan data yang dipakai
dalam penelitian ini adalah ,observasi dan wawancara. ` intrumens yang
digunakan yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Sering pesimis degan
prestasinya. Data yang di peroleh di analisis dengan teknik analisis persentase
konstan. Persentase perubahan frekuensi munculnya indikator yang diamati
diharapkan mencapai 60%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik sosiodrama
melalui konseling kelompok dapat di aplikasikan untuk meningkatkan konsep diri
rendah pada siswa, hal ini di buktikan meningkatkanya konsep diri siswa setelah
diberi tindakan dalam beberapa tahapan siklus .hasil penelitian menunjukan
bahwa terjadi meningkatan konsep diri dari kedelapan objek ini rata – rata
prensentasinya adalah 64 % .

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna M.Si (0012045601) dan Sugiyadi, M.Pd., Kons. (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama , Konseling Kelompok, Konsep Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:45
Last Modified: 20 Jan 2025 02:29
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item