Sundari, Sundari (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG DISIPLIN TATA TERTIB (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Borobudur Kab. Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
11. 0301. 0046 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
11. 0301. 0046 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[thumbnail of Skrips] PDF (Skrips)
11. 0301. 0046 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
11. 0301. 0046 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Kelompok
dalam peningkatan disiplin tata tertib siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah
Borobudur Kabupaten Magelang melalui Bimbingan Kelompok dengan teknik
diskusi kelompok. Bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dipilih dengan
harapan si swa dapat meningkatkan disiplin tata tertib.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one
group pre test- post test design. Ada dua variabel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu variabel bebas yang berupa Bimbingan Kelompok dan
variabel terikat yang berupa Disiplin Tata Tertib Siswa. Populasi dari penelitian
ini adalah 30 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Borobudur Kabupaten
Magelang, teknik dalam menentukan sampel menggunakan teknik Purposive
sampling. Teknik analisis menggunakan uji Wilcoxon. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah obsarvasi,angket dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin tata tertib siswa mengalami
peningkatan setelah memperoleh bimbingan kelompok dengan rata-rata 62% dan
hasil analisis Uji Wilcoxon sebesar -2,805. Sehingga pengajuan hipotesis diterima
jika taraf signifikan nilai probabilitas kurang dari 0,05. Hasil tersebut di tunjukkan
dengan perubahan siswa datang sekolah tepat waktu, giat mengerjakan praktikum,
rajin mengerjakan PR, membagi waktu belajar dan bersosialisasi, tidak membuat
keributan di kelas, tidak membolos, tidak keluar masuk kelas semaunya
sendiri,jika meminjam barang minta ijin,memakai seragam sesuai aturan,
memberi keterangan jika tidak masuk sekolah. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan
disiplin tata tertib siswa di SMA Muhammadiyah Borobudur Kabupaten
Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.Kons (0008015701) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd (0626098401)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Tata Tertib, Bimbingan Kelompok
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:26
Last Modified: 31 Jan 2025 03:00
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item