Zainudin, Muhammad (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA PERILAKU AGRESIF (Penelitian pada Siswa Kelas VII-A SMP Islam Al Mujtaba Kabupaten Klaten). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
10.0301.0075 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
10.0301.0075 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
10.0301.0075 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
10.0301.0075 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok
terhadap peningkatan pemahaman tentang bahaya perilaku agresif.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain pretes dan posttes
Kelompok Tunggal (design one group pretes-posttest). Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VII-A SMP Islam Al Mujtaba sebanyak 22 siswa. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang memiliki
pengetahuan rendah tentang bahaya perilaku agresif yaitu sebanyak 8 anak.
Teknik sampling yang dipilih ialah purposive sampling. Variabel yang digunakan
meliputi variabel bebas berupa tindakan bimbingan kelompok dan variabel terikat
yaitu pemahaman bahaya perilaku agresif. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian tindakan ini yaitu teknik analisis data statistik non
parametric Wilcoxon test.
Kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa bimbingan kelompok
berpengaruh secara positif terhadap peningkatan pemahaman tentang bahaya
perilaku agresif pada siswa SMP Islam Al Mujtaba, dengan bukti wilcoxon test
diperoleh nilai Z hitung sebesar -2,524 dan nilai probabilitas 0,012< 0,05. Berarti
bahwa ada perbedaan signifikan antara pemahaman bahaya perilaku agresif pada
siswa antara sebelum dan setelah diberikan tindakan bimbingan kelompok.
Sebelum diberikan tindakan bimbingan kelompok, pemahaman tentang bahaya
perilaku agresif dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 129,5.
Setelah diberikan diberikan tindakan bimbingan kelompok, pemahaman siswa
tentang bahaya perilaku agresif meningkat menjadi kategori tinggi dengan nilai
rata-rata sebesar 239,5. Rata-rata peningkatan pemahaman bahaya perilaku agresif
sebesar 38,2% dengan nilai peningkatan terendah sebesar 34,4% dan peningkatan
tertinggi mencapai 43,4%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.Kons. (0002086001) dan Drs. Tawil, M.Pd.Kons (0008015701)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Bahaya Perilaku Agresif.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:39
Last Modified: 30 Jan 2025 08:18
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item