inayah, Wiwit Nikmatul (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DAN BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA PUZZLE (Penelitian di POS PAUD Mutiara Pertiwi Suren Gede Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0304.0002_BAB I-BAB II-BAB III-BAB V-DAFTAR PUSTAKA - wiwit inayah.pdf - Published Version Download (552kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0304.0002_BAB IV - wiwit inayah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0304.0002_LAMPIRAN - wiwit inayah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0304.0002_FULLTEXT - wiwit inayah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0304.0002_PERNYATAAN PUBLIKASI - wiwit inayah.pdf - Published Version Download (249kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna
dan bentuk dengan media puzzle.
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat
tahap yaitu perencaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan di Pos PAUD Mutiara Pertiwi Suren Gede Kertek Wonosobo.
Subyek penelitian ini yaitu siswa Pos PAUD Mutiara Pertiwi Suren Gede Kertek
Wonosobo yang berjumlah 15 anak. Variabel yang digunakan dalam penelitian
meliputi variabel input (kemampuan mengenal warna dan bentuk sebelum
tindakan), variabel proses (media puzzle) dan variabel output (kemampuan
mengenal warna dan bentuk setelah tindakan). Metode pengumpulan data
menggunakan metode observasi. Metode analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif prosentase, dengan indikator keberhasilan > 60%.
Kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa media puzzle efektif
untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dan bentuk pada siswa Pos
PAUD Mutiara Pertiwi Suren Gede Kertek Wonosobo. Hasil observasi awal
diketahui bahwa rata-rata kemampuan kemampuan mengenal warna dan bentuk
baru mencapai 58,1%. Setelah dilakukan kegiatan pembelajaran menggunakan
media puzzle, rata-rata pencapaian kemampuan kemampuan mengenal warna dan
bentuk subyek meningkat menjadi 77,9%, telah melebih target yang ditetapkan
yaitu > 75%.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra.Lilis Madyawati, M.Si dan Khusnul Laely, M.PdKhusnul Laely, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan mengenal warna dan bentuk, media puzzle |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:51 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:10 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |