Ariawan, Setyo (2021) PENGARUH BLENDED LEARNING FLEX MODEL BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kuwaluhan Secang Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0185_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Setyo Ariawan.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0185_BAB IV - Setyo Ariawan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0185_LAMPIRAN - Setyo Ariawan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0185_FULLTEXT - Setyo Ariawan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0185_PERNYATAAN PUBLIKASI - Setyo Ariawan.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
Blanded Learning Flex Model berbantuan media video terhadap hasil belajar
IPA materi ekosistem kelas V SDN Kuwaluhan, Secang, Magelang.
Desain penelitian ini menggunakan desain Pre-experimental design
dengan model penelitian One Group Pretest Postest Design. Penelitian ini
dilakukan di kelas V SDN Kuwaluhan Kecamatan Secang Kabupaten
Magelang. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi dengan jumlah
sampel sebanyak 28 siswa dengan menggunakan Teknik sampling total
sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan data dalam penelitian
ini menggunakan metode tes. Uji validitas yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah validitas konstruk dan validitas empiris. Uji normalitas pada penelitian
ini mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,05 ≥ 0,05 dimana data dinyatakan
normal. Uji realibilitas menggunakan alfa cronbach’s yang menghasilkan
indeks realibilitas sejumlah 0.941.
Hasil uji hipotesis ditunjukan dengan data uji Paired Samples T test
hasil belajar IPA dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 12.755 > 1.701 dengan
nilai sig. (2 tailed) 0.000 < 0.05, yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh
Pembelajaran Blanded Learning Flex Model berbantuan media video terhadap
hasil belajar IPA materi ekosistem. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat
pengaruh Pembelajaran Blanded Learning Flex Model berbantuan media video
terhadap hasil belajar IPA materi ekosistem.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.Tawil, M.Pd., Kons. dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPA, Blanded Learning, video
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:28
Last Modified: 16 Nov 2021 03:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item