Djunaedi, Riyan Mahbub (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA BUSEPIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0171_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - riyan mahbub.pdf - Published Version Download (508kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0171_BAB IV - riyan mahbub.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0171_LAMPIRAN - riyan mahbub.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0171_Fulltext - riyan mahbub.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0171_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - riyan mahbub.pdf - Published Version Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran
Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media Busepia
terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini pada siswa kelas 4 di Desa Gentan
Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung.
Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Designs dengan desain
penlitian yang digunakan One Group Pretest Posttest Design. Sampel dari
penelitian ini adalah siswa kelas 4 di Desa Gentan yang berjumlah 20 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling
jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan tes soal. Uji
validasi instrumen dilakukan oleh ahli dan diujikan secara statistik dengan
bantuan SPSS 24.0 for windows begitu juga dengan uji reabilitas. Uji prasyarat
analisis terdiri dari uji normalitas. Sedangkan uji analisis data menggunakan
teknik statistik parametrik yaitu Paired sampel T Test dengan bantuan SPSS 24.0
for window.
Kesimpulan hasil penelitian model Student Teams Achievement Divisions
(STAD) berbantuan media Busepia berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Hal
ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sampel T-Test
diperoleh nilai Asymp sig (2tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Septiyati Purwandari, M.Pd dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Student Teams Achievement Divisions (STAD), Media Busepia, Hasil Balajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:25 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:53 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |