Asmara, Rinda (2021) PENGARUH MODEL DIRECT INTRUCTION BERBANTUAN PAMUFI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sukowuwuh, Purworejo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0093_BAB I-BAB II-BAB III-BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Rinda asmara.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0093_BAB IV - Rinda asmara.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0093_LAMPIRAN - Rinda asmara.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0093_Fulltext - Rinda asmara.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0093_PERNYATAAN REPOSITORY - Rinda asmara.pdf - Published Version Download (397kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Direct Intruction terhadap kemampuan berhitung siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukowuwuh.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen semu dengan menggunakan model nonequivalent control groub design. Penelitian ini dilakukan Pada Siswa kelas IV SD Negeri Sukowuwuh Kabupaten Purworejo. Sempel penelitian di ambil secara keseluruhan dari populasi atau menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang mengukur kemampuan berhitung siswa terkait materi Konsep Dasar dan Kelipatan Bilangan.Uji validitas instrumen dilakukan oleh ahli dan diujikan secara statistik dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistics 21 begitu juga dengan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik statistik yaitu uji uji Paired Simples T Test dengan bantuan program IBM Statistics 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis Uji Paired Simples T Test menunjukkan nilai sig. sebesar 0,001 dan lebih kecil dari tarif signifikasi 0,05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan Pembelajaran Matematika berbantuan Media Pamufi berpengaruh terhadap Kemampuan Berhitung Siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati,Ms.,Kons dan Dhuta Sukmarani, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Media pamufi, Kemampuan berhitung matematika, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:23 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 04:46 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |