Khasanah, Nur (2021) PENGARUH MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD di Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0111_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Nur Khasanah.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0111_BAB IV - Nur Khasanah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0111_LAMPIRAN - Nur Khasanah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0111_Fulltext - Nur Khasanah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0111_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Nur Khasanah.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Talking Stick
Berbantuan Media Mystery Box terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD.
Penelitian di Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Pre-
Eksperimental Design) dengan model One Group Pretest Posttest Design.
Sampling dalam penelitian adalah siswa kelas V SD di Desa Ngropoh yang
berjumlah 18 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui total sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji Validitas instrumen
tes hasil belajar IPA menggunakan rumus product moment, sedangkan uji
reliabilitas menggunakan cronchbach alpha dengan bantuan program aplikasi
IBM SPSS Statistics 25. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Shapiro Wilk.
Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample TTest.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji Paired Sample T-Test
menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan
bahwa hipotesis diterima. Hasil daya beda pada penelitian ini yaitu 27 soal dengan
daya pembeda baik dan 1 soal sangat baik. Hasil tingkat kesukaran soal pada
penelitian ini yaitu 25 soal dengan tingkat kesukaran sedang dan 3 soal sukar.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, nilai rata-rata hasil belajar pretest
sebesar 56,38 dan posttest sebesar 78,55. Hasil dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model Talking Stick Berbantuan Media Mystery
Box berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dhuta Sukmarani, M.Si dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd
Uncontrolled Keywords: talking stick, hasil belajar, media, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:18
Last Modified: 24 Mar 2025 01:24
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item