Susanti, Novi Tri (2021) PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (Peneilitian pada siswa kelas V di Dusun Ngadiwongso, Desa Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0127_BAB I-BAB II-BAB III-BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Novi Susanti.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0127_BAB IV - Novi Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0127_LAMPIRAN - Novi Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0127_FULLTEXT - Novi Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0127_PERNYATAAN PUBLIKASI - Novi Susanti.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview

Abstract

Interpersonal bagi kehidupan sehari-hari sangat penting. Tanpa
interpersonal manusia tidak akan bisa hidup karena sejatinya manusia merupakan
makhluk sosial. Dalam dunia pendidikan interpersonal sangat penting antara guru
dan siswa agar terjalinya pembelajaran yang baik. Tanpa Interpersonal tidak akan
terajadi interaksi dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
Interpersonal siswa melalui model pembelajaran SCRAMBLE pada kelas V
Dusun Ngadiwongso, Desa Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan
secara partisipatif. Variabel penelitian ini adalah Interpersonal siswa. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V di Dusun Ngadiwongso, Desa Ngadirejo
Salaman Kabupaten Magelang yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket Interpersonal siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket untuk mengetahui
Interpersonal siswa. Teknik sampling yang di gunakan yaitu teknik sampling
jenuh.
Hasil penelitan menunjukan bahwa model SCRAMBLE efektif untuk
menigkatkan Interpersonal siswa kelas V di Dusun Ngadiwongso, Desa Ngadirejo
Salaman Kabupaten Magelang dengan langkah-langkah model pembelajaran
SCRAMBLE (Stimulation, Problem Statement, Data Collection, Data Processing,
Verification, Generalization). Peningkatan Interpersonal siswa ini terlihat pada
siklus I presentase ketuntasan mencapai 52%. Mengalami peningkatan
Interpersonal pada siklus II presentase ketuntasan mencapai 80%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. dan Rasidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scrambel, Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:17
Last Modified: 16 Nov 2021 03:17
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3299

Actions (login required)

View Item View Item