Nurchasanah, Naila (2021) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA “SIM CARD” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bengkal Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0097_BAB I-BAB II-BAB III-BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Naila naila.pdf - Published Version

Download (917kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0097_BAB IV - Naila naila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0097_LAMPIRAN - Naila naila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0097_FULLTEXT - Naila naila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0097_PERNYATAAN PUBLIKASI - Naila naila.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Bengkal Kecamatan Kranggan
Kabupaten Temanggung belum menggunakan model pembelajaran aktif dan
media pembelajaran sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran
masih bersifat konvensioal. Hal ini menyebabkan siswa pasif dan mengakibatkan
hasil belajar siswa cenderung menurun kususnya pada pokok bahasan simbiosis
pada makhluk hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan
model Numbered Head Together dengan media Sim Card untuk meningkatkan
hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Bengkal Kecamatan Kranggan
Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri dari
(1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi.
Sampel yang diambil sebanyak 15 orang siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi aktivitas siswa dan soal tes. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar penilaian
hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis
kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Head
Together dengan media Sim Card untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam
pokok bahasan simbiosis pada makhluk hidup. Hal ini dibuktikan dari hasil yang
diperoleh secara keseluruhan. Hasil belajar IPA siswa memperoleh presentase
ketuntasan pada siklus I sebesar 43,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II
yaitu sebesar 96,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model Numbered Head Together dengan media Sim Card untuk meningkatkan
hasil belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Bengkal Kecamatan
Kranggan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. dan Rasidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together (NHT), Media Sim Card, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:14
Last Modified: 16 Nov 2021 03:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item