Kussaniah, Mina (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA KOTAK PUZZEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Jetis Salaman Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0068_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Mina Kussaniah.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0068_BAB IV - Mina Kussaniah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0068_LAMPIRAN - Mina Kussaniah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0068_FULLTEXT - Mina Kussaniah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0068_PERNYATAAN PUBLIKASI - Mina Kussaniah.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT berbantuan media kotak puzzel terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah Jetis Salaman Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen semu (Quasy Ekperimental Design)dengan model one group pretest postest. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik paired sampel t-test. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Muhammadiyah Jetis Salaman magelang yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan media kotak puzzel efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD muhammadiyah Jetis Salaman Magelang. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil analisis uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,005, berarti ada perbedaan signifikan antara hasil belajar IPA sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran NHT berbantuan media kotak puzzel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media kotak puzzel berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati dan Putri Meinita Triana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Kotak Puzzel, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:11
Last Modified: 24 Mar 2025 02:46
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3295

Actions (login required)

View Item View Item