Dewi, Mia Martina (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA SULTAN (SUSUNAN PUZZLE TANGRAM) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN Wonosari Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0144_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Mia Martina.pdf - Published Version Download (971kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0144_BAB IV - Mia Martina.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0144_LAMPIRAN - Mia Martina.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0144_Fulltext- - Mia Martina.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0144_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Mia Martina.pdf - Published Version Download (283kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pembelajaran TGT
berbantuan Media SULTAN (Susunan Puzzle Tangram) terhadap kemampuan
menghitung luas gabungan bangun datar. Penelitian pada siswa Kelas IV SDN
Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design
dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian dipilih dengan
teknik sampling total atau jenuh dengan jumlah 14 siswa kelas IV. Metode
pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan lembar tes pilihan ganda
kemampuan menghitung luas gabungan bangun datar. Uji validitas instrumen
penelitian dilakukan melalui uji ahli dan diujikan secara statistik dengan bantuan
program apilikasi IBM SPSS Statistics 25 Windows begitu juga dengan uji
reliabelitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Shapiro Wilk. Data dianalisis
dengan menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample t-test.
Hasil penelitian dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample t-test pada
kelas yang diberikan treatment dengan probalitas nilai sig. (2-tailed) 0,000 lebih
kecil dari taraf signifikasi 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis
diterima. Berdasarkan hasil analisis, terdapat perbedaan rata-rata tes kemampuan
menghitung gabungan bangun datar yaitu pretest (pengukuran awal) 59,89 dan
posttest (pengukuran akhir) 81,13. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penggunaan Pembelajaran TGT berbantuan Media SULTAN (Susunan Puzzle
Tangram) berpengaruh terhadap kemampuan menghitung luas gabungan bangun
datar siswa Kelas IV SDN Wonosari Temanggung.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Agrissto Bintang A. P, M.Pd. dan Tria Mardiana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menghitung, TGT, Puzzle |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:05 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:43 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |